Laman

Cara menggunakan wig yang baik dan benar

Diposting oleh Kedai Aswa on 8/02/2017

Wig adalah kepala rambut yang terbuat dari bulu kuda, rambut manusia, wolbulu, rambut yak, rambut kerbau, atau bahan sintetis yang dipakai di kepala untuk mode atau berbagai alasan estetika dan gaya lainnya, termasuk mematuhi budaya dan agama. Kata wig dalam bahasa Inggris adalah singkatan dari periwig dan pertama kali muncul dalam bahasa Inggris sekitar tahun 1675. Beberapa orang memakai rambut palsu untuk menyamarkan kenyataan bahwa mereka botak  rambut palsu dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih intrusif dan lebih murah untuk terapi pemulihan rambut. Rambut palsu juga dapat digunakan sebagai aksesori kosmetik, kadang-kadang dalam konteks agama. Aktor sering memakai rambut palsu dalam rangka untuk lebih menggambarkan karakter.
1. Pilihlah salah satu jenis wig.
Ada tiga jenis utama wig: full lace, parsial atau front lace, dan non-lace. Juga ada tiga bahan utama yang dapat digunakan untuk membuat wig, yaitu rambut manusia, rambut/bulu binatang, dan rambut sintetis. Setiap jenis wig memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, maka pastikan bahwa Anda membeli wig yang terbaik untuk Anda.
  • Wig full lacedilengkapi dengan lapisan penutup kepala berupa bahan jaring, dan rambut palsu dijahit menembus pada lapisan penutup kepala ini. Jenis wig ini memberikan tampilan garis rambut yang alami, kebanyakan terbuat dari rambut manusia atau rambut/bulu binatang, dan lebih mudah ditata karena Anda dapat membuat belahan di titik mana saja. Wig jenis ini juga terasa lebih nyaman saat Anda mengenakannya karena masih ada ruang bernapas untuk kulit kepala. Namun sayangnya, wig ini biasanya lebih mahal daripada jenis wig lainnya. Wig jenis ini juga lebih mudah rusak karena tidak terbuat dari bahan yang tahan lama.
  • Wig parsial atau front lacedibuat dengan lapisan jaring yang hanya menutupi kepala bagian depan (bukan seluruh kepala). Wig jenis ini memberikan tampilan rambut yang alami di bagian depan, dan terbuat dari bahan yang lebih tahan lama pada bagian utama kepala Anda. Wig jenis ini dapat terbuat dari bahan apa saja dan lebih murah daripada wig full lace. Sayangnya, wig ini tidak terlihat sealami wig full lace dan lebih sulit ditata karena sifat bahannya yang kurang/tidak alami.
  • Wig non-lacedibuat dengan bagian seperti jaring dari nilon. Wig jenis ini dapat terbuat dari jenis bahan rambut apa saja, lebih tahan lama, dan lebih murah dibandingkan jenis-jenis lainnya. Sayangnya wig jenis ini tidak terlihat sealami jenis-jenis wig lainnya dan tidak mudah tampak menyatu dengan garis rambut asli si pengguna seperti jenis-jenis wig lainnya
2. Persiapkan wig Anda
Sebelum Anda mengenakan wig, Anda perlu memastikan bahwa rambut pada wig tidak tersangkut pada lem atau selotip perekat. Pastikan bahwa Anda telah menarik semua rambut membentuk ekor kuda. Atau, jika wig Anda bermodel rambut pendek, jepitkan rambut yang terdekat ke bagian tepi.
  • Jika Anda mengenakan wig jenis full laceatau parsial, potonglah bagian tepi lace agar sesuai dengan garis rambut Anda. Sisakan sedikit pada bagian tepi agar dapat direkatkan pada kepala Anda sehingga hasilnya terlihat alami.
  • Abaikan penataan wig Anda pada tahap ini. Wig akan terlihat acak-acakan saat proses pemakaian. Anda dapat menatanya setelah proses pemakaian selesa.
3. Letakkan wig pada kepala Anda
Tekan area wig pada bagian tengah dahi dengan -jarijari Anda. Letakkan wig pada keseluruhan kepala Anda dan dengan hati-hati rapikan pada sekitar kulit kepala Anda, dengan menekan wig pada bagian tengah dahi menggunakan jari-jari Anda. Setelah ini, dengan hati-hati tariklah keseluruhan wig ke kepala Anda. Pastikan agar bagian samping wig tidak tersentuh perekat, sehingga tidak merekat sebelum Anda selesai mengenakannya
  • Jangan mengenakan wig dengan posisi menunduk. Ini akan membuat wig Anda miring dan akan membuat sebagian wig tersebut merekat pada perekat sebelum Anda merapikannya.
  • Jika ini adalah pertama kalinya Anda mengenakan, berikan waktu yang cukup untuk menyesuaikan posisi wig tersebut sebelum Anda meninggalkan rumah. Dibutuhkan latihan agar Anda terbiasa mengenakan wig dengan sempurna.
4. Eratkan wig tersebut
Apa pun jenis perekat yang Anda gunakan, Anda perlu mengencangkan wig di kepala Anda. Saat Anda telah menata wig sesuai dengan gaya yang Anda inginkan, gunakan sisir dengan gigi yang rapat untuk menekan bagian ujung depan wig dengan hati-hati. Jika Anda mengenakan wig dengan lapisan jaring/lace, pastikan bahwa permukaan lace rata pada kepala Anda, sehingga garis rambut terlihat alami. Setelah setengah bagian depan wig terpasang, tunggulah selama 15 menit agar benar-benar erat. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang sama untuk setengah bagian belakang, seperti pada setengah bagian depan. Tunggulah selama 15 menit sebelum Anda menatanya agar memastikan wig Anda benar-benar terpasang dengan kuat
  • Anda juga dapat menggunakan penjepit rambut untuk mengeratkan wig Anda. Jepitkan penjepit rambut pada bagian atas wig, jepitkan pada topi pelapis wig dan rambut di dalamnya, serta jepitkan pada bagian tengah untuk menyembunyikan penjepit rambutnya.
  • Setelah wig terpasang, periksalah apakah masih ada sisa lem yang terlihat di bawah wig. Jika masih, bersihkan dengan menggosoknya menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam cairan alkohol.
  • Jika ternyata wig tidak terpasang dengan benar, dengan hati-hati lepaskan wig dari perekat di kulit Anda dengan menggunakan kapas pentol yang dicelupkan ke dalam cairan alkohol. Posisikan ulang wig Anda dan rekatkan kembali
Untuk Jual Wig atau Jual Rambut Palsu dapat cek di asuji.net

5. Tatalah rambut pada wig dan tambahkan aksesori
Setelah Anda selesai memasang wig, Anda bebas menata rambut sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat menghias rambut sesuka Anda. Anda dapat mengepang, mengeriting, atau memberikan aksesori apapun pada wig itu sampai Anda puas. Namun jika Anda mengenakan wig dari bahan sintetis, jangan gunakan alat penata rambut berpemanas, karena suhu panas itu akan membuat wig Anda meleleh atau rusak.
  • Anda dapat memotong wig sesuai dengan model yang cocok dengan wajah Anda, sebelum mengenakannya. Dengan demikian, wig tersebut akan sesuai dengan kepribadian Anda dan akan terlihat alami saat dikenakan.
  • Ingatlah bahwa gaya yang semakin sederhana akan tampak semakin baik. Apakah wig Anda terbuat dari rambut manusia, rambut/bulu binatang, atau bahan sintetis, jangan gunakan terlalu banyak produk tata rambut pada wig itu, karena hal itu akan meninggalkan sisa-sisa produk pada wig Anda.

ShareThis